Didactical Design Research Ddr Dalam Pengembangan Pembelajaran Matematika
Didaktical Design Research (DDR) dalam Pengembangan Pembelajaran Matematika
Pendahuluan
Didaktical Design Research (DDR) merupakan metode penelitian yang digunakan untuk mengembangkan dan menguji perangkat pembelajaran matematika yang efektif. DDR berfokus pada pengembangan perangkat pembelajaran yang berbasis pada teori belajar dan teori pembelajaran matematika. Penelitian ini juga menguji efektivitas perangkat pembelajaran tersebut dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa.
Langkah-langkah DDR
DDR dilakukan melalui beberapa langkah berikut:
- Identifikasi masalah pembelajaran matematika yang ingin dipecahkan.
- Tinjauan literatur untuk mengidentifikasi teori belajar dan teori pembelajaran matematika yang relevan dengan masalah yang diidentifikasi.
- Berdasarkan teori-teori yang diidentifikasi, kembangkan perangkat pembelajaran matematika yang baru.
- Uji efektivitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan melalui penelitian eksperimen atau penelitian kuasi-eksperimen.
- Analisis data hasil penelitian untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan perangkat pembelajaran yang dikembangkan.
- Revisi perangkat pembelajaran berdasarkan hasil analisis data.
Manfaat DDR
DDR memiliki beberapa manfaat, antara lain:
- Mengembangkan perangkat pembelajaran matematika yang efektif.
- Meningkatkan hasil belajar matematika siswa.
- Memberikan kontribusi terhadap teori belajar dan teori pembelajaran matematika.
- Membangun komunitas peneliti pendidikan matematika yang kuat.
Contoh Penelitian DDR
Berikut ini adalah beberapa contoh penelitian DDR yang telah dilakukan:
- Penelitian oleh Stein dan Bovalino (2001) mengembangkan perangkat pembelajaran matematika yang berbasis pada teori belajar konstruktivisme. Perangkat pembelajaran ini terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa.
- Penelitian oleh Carpenter dan Fennema (1998) mengembangkan perangkat pembelajaran matematika yang berbasis pada teori belajar sosial-kognitif. Perangkat pembelajaran ini terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa.
- Penelitian oleh Hiebert dan Wearne (1993) mengembangkan perangkat pembelajaran matematika yang berbasis pada teori belajar situasional. Perangkat pembelajaran ini terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa.
Kesimpulan
DDR merupakan metode penelitian yang efektif untuk mengembangkan dan menguji perangkat pembelajaran matematika yang efektif. DDR dapat berkontribusi terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa, pengembangan teori belajar dan teori pembelajaran matematika, serta pembangunan komunitas peneliti pendidikan matematika yang kuat.
Tabel Perbandingan DDR dengan Penelitian Pendidikan Matematika Lainnya
Karakteristik | DDR | Penelitian Pendidikan Matematika Lainnya |
---|---|---|
Fokus | Mengembangkan dan menguji perangkat pembelajaran matematika yang efektif | Mempelajari berbagai aspek pembelajaran matematika |
Metode | Eksperimen, kuasi-eksperimen, dan studi kasus | Metode kualitatif dan kuantitatif |
Hasil | Perangkat pembelajaran matematika yang efektif, peningkatan hasil belajar matematika siswa, kontribusi terhadap teori belajar dan teori pembelajaran matematika | Pemahaman tentang berbagai aspek pembelajaran matematika |
Daftar Pustaka
- Carpenter, T. P., & Fennema, E. (1998). Cognitively guided instruction: A new approach to mathematics education. Erlbaum.
- Hiebert, J., & Wearne, D. (1993). Instruction, task design, and student learning in a grade 8 mathematics class. American Educational Research Journal, 30(2), 392-425.
- Stein, M. K., & Bovalino, J. L. (2001). Manipulatives: One piece of the puzzle. Mathematics Teaching in the Middle School, 6(5), 306-312.
If you are looking for (PDF) IbM WORKSHOP PENGEMBANGAN PENILAIAN KEMAMPUAN MATEMATIS GURU you've came to the right page. We have 1 Pictures about (PDF) IbM WORKSHOP PENGEMBANGAN PENILAIAN KEMAMPUAN MATEMATIS GURU like (PDF) IbM WORKSHOP PENGEMBANGAN PENILAIAN KEMAMPUAN MATEMATIS GURU and also (PDF) IbM WORKSHOP PENGEMBANGAN PENILAIAN KEMAMPUAN MATEMATIS GURU. Read more:
(PDF) IbM WORKSHOP PENGEMBANGAN PENILAIAN KEMAMPUAN MATEMATIS GURU
(pdf) ibm workshop pengembangan penilaian kemampuan matematis guru